8 Makanan Khas Tionghoa di Indonesia

Sunday, 13 August 2017 | Felisia Luissela Nday

Share:

Hai Sobat Simpulan! Jakarta merupakan kota yang selalu ramai pengunjung. Jakarta tidak selalu soal gedung bertingkat dan kemacetan, Jakarta mempunyai banyak potensi wisata budaya, wisata alam, wisata belanja, wisata sejarah, juga wisata kuliner. Salah satu keragaman kuliner di Jakarta tersebut berasal dari peranakan antara Tionghoa dan Indonesia. Nah berikut 8 makanan khas Tionghoa yang terkenal di Jakarta bahkan di Indonesia.

1.Fuyunghai

Nama Fu yung hai berarti potongan telur fu yung. Merupakan makanan yang dibuat dengan telur dadar dan berbagai campuran isi. Isinya bisa berupa dagng ayam, sapi, babi, kepiting, atau seafood yang dicincang halus. Biasa dimakan dengan saus asam manis serta kacang polong.

2. Capcai

Berasal dari bahasa chinese-hokkian yang berarti: aneka sayur. Makanan ini terdiri dari aneka sayuran yang dipotong kecil dan dimasak dengan bakso, udang atau daging ayam.

3. Bakso

Nama bakso juga berasal dari bahasa Hokkian yang berarti daging cincang. Bak sendiri berarti babi. Namun di Indonesia, umumnya bakso terbuat dari sapi. Bakso di Indonesia memiliki kuah lebih banyak dan bentuk yang lebih bulat dibandingkan di China.

4. I fu mie

I fu mie merupakan makanan yang berupa bakmie atau mie yang direbus dan digoreng sampai kering, Kemudian disiram dengan tumisan sayur, biasanya capcay.

5. Swekiau

Swekiau merupakan makanan yang dibuat dari lapisan kulit pangsit, didalamnya diisi daging ayam, udang, dan bangkuang yang dipotong kecil-kecil. Swekiau mirip dengan pangsit, perbedaannya selain pada bentuknya, juga pada isi bangkuang yang terdapat pada swekiau.

6. Siomai

Bagi para penggemar dimsum, tentunya tidak asing dengan siomai atau siu mai. Siomai terbuat dari daging babi, udang, juga sapi cincang yang dibungkus kulit tipis dari tepung terigu. Diatas siomai biasanya diberi hiasan kacang polong atau parutan wortel. Di Indonesia sendiri, siomai memiliki variasi sendiri. Siomai yang dijual berisi ikan tenggiri, ayam, ikan, udang yang dicampur sagu atau tepung. Siomai jenis ini biasa disajikan dengan tahu bakso, kentang, pare, atau kubis.

7. Bakpao

Bak berarti daging, sedangkan pao berarti bungkusan. Bakpao terbuat dari adonan seperti roti yang terbuat dari tepung terigu dan ragi. Selain berisi daging, saat ini bakpao dapat memiliki isi lainnya, seperti daging ayam, kacang hitam, srikaya, cokelat atau telur asin.

8. Swikee

Merupakan hidangan yang terbuat dari paha kodok. Swikee bisa dimasak dalam bentuk sup, ditumism atau digoreng. Pengartian swikee sendiri dalam bahasa Indonesia adalah “Ayam Air”.

Nah Sobat Simpulan, jadi diantara 8 makanan tersebut, mana yang sudah pernah kalian coba? Mana yang paling kalian suka?