Ayam Sampyok

Sunday, 13 August 2017 | Eric Sebastian

Share:

Banyak sekali makanan khas Betawi yang unik dan lezat dan salah satu contohnya yang mungkin jarang diketahui adalah Ayam Sampyok. Makanan ini berasal dari Betawi yang terakulturasi dengan Tionghoa. Ayam sampyok memiliki tampilan yang sekilas mirip rendang dengan rasa khas budaya Tionghoa dan Betawi. Gurih dan asin adalah 2 hal yang selalu melekat di Ayam Sampyok.

Menu Ayam Sampyok seringkali dihidangkan pada acara hajatan oleh masyarakat Betawi kota. Perlu diingat bahwa hal yang menjadi keunikan dari Ayam Sampyok adalah proses pembumbuan yang dilakukan 2 kali. Hal ini dilakukan agar bumbu nya meresap hingga ke dalam dagingnya sehingga rempahnya yang gurih akan terasa terus hingga akhir santapan.

Teknik untuk memasak menu ini juga tergolong unik. Setelah ayam diberi bumbu yang sudah dihaluskan dan ditumis, ayam kemudian dimasak dan diungkep hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Bumbu kacang yang di aplikasikan ditambah dengan santan kepala kemudian ditaburkan lada hitam. Secara singkat proses memasak ayam sampyok adalah ayam yang diguyur dengan bumbu akan diungkep terlebih dahulu, yang kemudian akan dibakar. Setelah itu ayam akan siap untuk dihidangkan.

Salah satu restoran di Jakarta yang menghidangkan Ayam Sampyok sebagai menu makanan mereka adalah restoran Historia Food and Bar. Restoran ini terletak di Jl. Pintu Besar Utara No. 11 Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta dengan nomor telepon (021) 6904188. Bagi kalian yang ingin mencicipi salah satu makanan budaya khas Betawi dan Tionghua, silahkan saja mampir ke restoran tersebut. Dijamin tidak menyesal dengan rasanya yang lezat. Selamat menikmati!