5 Tips Untuk Kamu yang Mau Jadi Entrepreneur

Wednesday, 16 August 2017 | Wilsen Bunnawan

Share:

1. VISI DAN MISI YANG JELAS

Sebelum terjun ke dunia entrepreneurship, kamu harus terlebih dahulu memiliki visi dan misi yang jelas untuk kehidupan dan bisnis kamu. Menjadi seorang entrepreneur bukan hanya sebuah gelar, tetapi merupakan sebuah gaya hidup yang harus dijalani setiap harinya. Dengan adanya visi dan misi yang jelas, itu akan membuat kamu tetap berjalan di jalan yang tepat.

2. MENTAL YANG KUAT

Sebelum bertanya akan berapa banyak yang bisa didapatkan dari bisnis saya, ada baiknya kita lebih dulu bertanya kepada diri sendiri, berapa banyak yang bisa saya korbankan untuk bisnis saya? Menjadi seorang entrepreneur yang sukses merupakan sebuah perjalanan yang panjang dan menyiksa. Apakah kamu siap untuk tidak menerima pemasukan dalam jangka waktu tertentu apabila bisnismu kurang lancar? Apakah kamu memiliki ketahanan mental untuk terus berjalan disaat bisnismu terkena kendala? Seberapa lama mental kamu bisa bertahan? Ada baiknya kamu melakukan research dan pemikiran mendalam sebelum terjun ke dunia entrepreneurship.

3. KEMAUAN UNTUK TERUS BELAJAR

Menjadi seorang C-class Executive di dalam bisnis yang kamu bangun sendiri bukan berarti kamu merupakan seorang yang absolut. Kamu harus tetap terbuka akan masukan dan kritik dari teman bekerjamu maupun pihak eksternal. Perbanyak membaca buku dan mengikuti kelas-kelas atau seminar. Selai mendapatkan ilmu baru, aktivitas tersebut akan membuatmu mampu berpikir dari sudut pandang yang berbeda serta mendapatkan koneksi baru.

4. MELAKUKAN RISET DAN ANALISA

Riset dan analisa merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahkan dalam proses membangun sebuah bisnis. Selalu lakukan riset dan analisa mendalam sebelum kamu mengambil sebuah keputusan untuk bisnismu. Dengan adanya data, kamu dapat mengambil tindakan tidak hanya melalui asumsi, sehingga dapat meningkatkan persentase keberhasilan dari keputusan yang kamu ambil.

5. HADAPI KEGAGALAN

Kegagalan merupakan hal yang sangat lumrah bagi seorang entrepreneur. Dengan kamu gagal, kamu memiliki kesempatan untuk dapat belajar dari kesalahan-kesalahan kamu sehingga kamu dapat memulai bisnis baru dengan pengalaman lebih baik dari sebelumnya. Jangan jadikan kegagalan dalam berbisnis sebuah beban tapi jadikan itu sebuah pengalaman yang berharga.